KONSUMSI,INVESTASI DAN PERANAN PASAR MODAL

Posted: Maret 8, 2014 in Akuntansi
Tag:, ,

Konsumsi 
Konsumsi adalah pemakaian sumber daya yang ada untuk mendapatkan kepuasan (utility)Penundaan konsumsi sekarang(K0) yang dimasukan kedalam aktiva atau proses produksi yang produktif yang hasilnya untuk konsumsi masa depan(K1) dapat dikatakan sebagai suatu investasi. Dengan adanya proses produksi yang produktif, investasi ke produk ini dapat meningkatkan kepuasan.
 

Investasi
Titik-titik yang berada di indefferance curve menjelaskan tingkat substitusi subyektif dari individu untuk konsumsi-konsumsi yang berbeda waktunya.
Tipe-tipe investasi keuangan
Investasi keuangan dapat berupa investasi langsung dan investasi tidak langsung.
Investasi langsung
Investasi langsung dilakukan dengan membeli langsung aktiva keuangan dari perusahaan baik melalui perantara ataupun yang lain. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli aktiva-aktiva keuangan yang dapat diperjual belikan di pasar uang, pasar modal, atau pasar turunan. Bisa juga melalui aktiva keuangan yang tidak dapat diperjualbelikan seperti, tabungan atau sertifikat deposito.aktiva-aktiva keuangan yang dapat diperjual belikan di pasar uang berupa aktiva yang mempunyai resiko gagal kecil, seperti treasury bill, sertifikat deposito yang dapat dinegoisasi. Pada pasar modal sifatnya adalah investasi jangka panjang. aktiva-aktiva keuangan yang dapat diperjual belikan di pasar modal adalah surat-surat berharga berpendapatan tetap, saham, treasury bond, municipal bond, corporate bond dan convertible bond. Yang dimaksud pasar turunan adalah nilainya merupakan jabaran dari surat berharga lain yang terkait, seperti opsi, future contract.
Investasi tidak langsung
Investasi tidak langsung dilakukan dengan membeli saham dari perusahaan investasi yang mempunyai portofoli-portofolio aktiva dari perusahaan lain. Alasan investor menggunakan jasa perusahaan investasi adalah, 1) investor dengan modal kecil dapat menikmati keuntungan karena pembentukan portofolio. 2) membantu investor awam untuk mengoptimalkan portofolionya.perusahaan investasi diklasifikan sebagai unit investment trust, close-end investment companies dan open-end investment companies.unit investment trust merupakan portofolio yangdibentuk dari surat-surat berharga berpenghasilan tetap. Investor dapat menjual kembali sertifikat ini kepada trust sebesar nilai bersih sertifikat tersebut (Net Asset Value atau NAV).close-end investment companies merupakan perusahaan yang hanya menjual sahamnya dalam jumlah tetap (sebanyak penawaran perdana) yang selanjutnya diperdagangkan di pasar sekunder. open-end investment companies dikenal dengan nama reksadana (mutual fund) yaitu perusahaan investasi yang mengelola portofolio dan menjual kepemilikan portofolionya di pasar modal. Nilai total portofolio yang dibentuk disebut dengan nilai aktiva bersih atau NAB (Net Asset Value atau NAV).
Reksadana dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, yaitu:1. Reksadana pasar uang, dibentuk dari surat berharga utang pendek yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun.2. Reksadana pendapatan tetap, berisi + 80% aktiva obligasi dan sisanya aktiva saham dan lain-lain. Tujuannya untuk membentuk portofolio yang aman.3. Reksadana saham, berisi + 80% aktiva saham dan sisanya aktiva lain. Tujuannya untuk menghasilkan yang tinggi.4. Reksadana campuran, berisi aktiva campuran dalam bentuk obligasi, saham dan aktiva lain. 5. Reksadana terproteksi, memproteksi investor dari kerugian penurunan nilai investasinya. Dilakukan dengan cara memasukan obligasi yang akan jatuh tempo dalam jangka pendek kedalam portofolionya.
Peranan pasar modal
Pasar modal merupakan sarana perusahaan untuk meningkatkan dan jangka panjang dengan menjual saham atau mengeluarkan obligasi. Untuk menarik investor, pasar modal harus bersifat liquid dan efisien. Fungsi dari pasar modal yang lain sebagai sarana alokasi dana yang produktif untuk memindahkan dana dari pemberi pinjaman ke peminjam. Pasar modal menyediakan transfer dana diantara peminjam dan pemberi pinjaman.fandi di 11.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s